-

Selasa, 25 Oktober 2011

Adobe Photoshop

,
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan olehfotografer digital’ dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
      Sejarah Adobe Photoshop
Adalah Kakak-beradik Thomas dan John Knoll  memulai pengembangan Photoshop di tahun (1987). Versi 1 dirilis oleh Adobe pada tahun (1990). Versi awal Photoshop yang diberi nama "Knoll Software" dirilis sebelum kerjasama dengan Adobe resmi dibuat. Photoshop versi pertama ini berukuran 1.4 MB. Lebih jauh, aplikasi Photoshop 0.63 lengkap dengan manual online dapat disimpan dalam disket dan bahkan masih menyisakan 200kb ''disk space'' bebas.
Penemu PhotoShop adalah Thomas Busut dan John Knoll.
Pada musim gugur 1987, Thomas Busut, seorang kandidat dokter di komputer visi, telah mencoba menulis-sebagai pengalihan dari dokter-kode komputer untuk menampilkan gambar pada grayscale hitam putih bitmap monitor. Karena tidak secara langsung berkaitan dengan tesis komputer visi, busut pikir ia terbatas dalam nilai terbaik. Kode disebut Tampilan. Busut menulis MacPlus Komputer di rumah. Sedikit ia tahu bahwa ia akan menjadi awal kode dari fenomena yang kita kenal dengan sebutan PhotoShop.Program Thomas tertangkap perhatian dari saudaranya, Yohanes, yang bekerja di Industri Kecil dan Magic (Ilm) di Marin County, California. ILM adalah efek visual dari lengan Lucasfilm, yang terkenal film perusahaan yang didirikan oleh George Lucas. Dengan rilis Star Wars, Lucas telah membuktikan bahwa sangat keren efek khusus, digabungkan dengan karakter gagah dan “tunas-em up naskah,” dapat menghasilkan blockbuster film. Untuk itu, Yohanes adalah percobaan dengan komputer untuk membuat efek khusus. Dia bertanya saudaranya Thomas untuk membantu dia program komputer untuk memproses file gambar digital, dan Tampilan adalah titik besar. Maka mereka mulai kolaborasi.
Thomas merubah nama software mereka beberapa kali.  Setiap kali ia menemukan sesuatu yang ia suka, sudah diambil. ImagePro, dan bahkan PhotoHut dianggap. Kemudian, selama program demo, dia confided ke seseorang bahwa dia mengalami masalah nama program. Kepercayaan yang diusulkan PhotoShop, dan yang menjadi program kerja nama. Untuk hari ini, baik Thomas maupun John mengetahui dengan pasti pertama yang mengatakan bahwa namaPhotoShop”.
Fitur Photoshop dari masa ke masa :
Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.
Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:
Bitmap
 
 
 
Untuk para penggemar fotografi, Adobe menyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Untuk "memperjelas" perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.
Secara Photoshop adalah sebuah program penyunting gambar standar industri yang ditujukan untuk para profsional raster grafik, harga yang ditawarkan pun cukup tinggi; kira-kira US$600. Keadaan ini memancing beberapa programer untuk merancang peralatan grafik (graphics tools)

1 komentar:

  • 17 November 2011 pukul 05.52
    Unknown says:

    wah.. ada S.PHO.. ( Sarjana Photoshop )

    salam blogwalking,,,

    hmsf08.blogspot.com

    delete

Posting Komentar

klik iklan

 

dzoelfieyes Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger